Panduan Lengkap Pembuatan SIUJK di Tahun 2021

Panduan Lengkap Pembuatan SIUJK di Tahun 2021

Panduan Lengkap Pembuatan SIUJK di Tahun 2021 —Jasa konstruksi barangkali menjadi salah satu layanan jasa yang banyak memiliki peminat saat ini.

Selain karena faktor perkembangan industri yang sedang gencar berdiri, jasa konstruksi juga memiliki peranan yang cukup penting dalam sektor lainnya seperti ekonomi.

Itulah mengapa, sebagian besar orang memilih untuk mendirikan jasa konstruksi khususnya di Indonesia. Sebab mendirikan jasa konstruksi, di akui memiliki banyak keuntungan.

Namun terlepas dari itu semua, mendirikan usaha di bidang jasa konstruksi juga memerlukan syarat-syarat tertentu yang harus di penuhi terlebih dahulu. Khususnya dalam hal perizinan usaha.

Lantas apakah Anda tahu perizinan usaha apa yang sekiranya cocok untuk jasa konstruksi Anda? Berikut akan kami jelaskan secara rinci di artikel kali ini. Simak baik-baik ya!

SIUJK (Surat Izin Usaha Jasa Konstruksi)

SIUJK atau Surat Izin Usaha Jasa Konstruksi merupakan izin yang wajib di miliki dalam operasional pengerjaan bisnis konstruksi. Khususnya bagi pelaku usaha yang memiliki bisnis di bidang jasa konstruksi.

Adapun jasa konstruksi yang di maksud meliputi Jasa Perencana Konstruksi, Jasa Pelaksana Konstruksi atau Jasa Pengawas Konstruksi.

Jenis-jenis SIUJK

Sama seperti perizinan usaha lainnya, SIUJK juga memiliki jenis-jenis tertentu yang wajib Anda ketahui. Apalagi jika Anda ingin mengurus pembuatan SIUJK.

Berikut ini merupakan jenis-jenis SIUJK yang wajib Anda ketahui:

  • SIUJK Nasional

SIUJK Nasional umumnya akan digunakan untuk melakukan usaha atau jasa di bidang konstruksi. Sertifikasi dari SIUJK Nasional akan di keluarkan oleh pemerintah Kabupaten/Kota yang sesuai dengan domisili Anda.

  • SIUJK PMA (Penanaman Modal Asing)

SIUJK PMA umumnya akan digunakan untuk para pelaku usaha BUJK (Badan Usaha Jasa Konstruksi) PMA, yang nantinya akan mereka gunakan untuk melakukan jasa konstruksi di Indonesia.

Sertifikasi dari SIUJK PMA akan di keluarkan oleh BKPM (Badan Koordinasi Penanaman Modal).

  • SIUJK BUJKA (Badan Usaha Jasa Konstruksi Asing)

SIUJK BUJKA merupakan izin perwakilan yang di berikan oleh pemerintah untuk melakukan kegiatan usaha jasa konstruksi di Indonesia.

Sertifikasi SIUJK BUJKA biasanya di keluarkan oleh Kementerian Pekerjaan Umum.

Syarat Pembuatan SIUJK di Tahun 2021

Adapun dalam membuat SIUJK, Anda harus menyiapkan syarat-syaratnya terlebih dahulu seperti:

  • Fotokopi Akta Pendirian Perusahaan dan/atau Akta Perubahan Perusahaan sekaligus SK Kemenkumham yang terdaftar di Pengadilan
  • Soft file KTP (Kartu Tanda Penduduk) Direktur Utama
  • Fotokopi SBU (Sertifikat Badan Usaha) yang di terbitkan oleh LPJK (Lembaga Pengembangan Jasa Konstruksi)
  • Fotokopi NPWP (Nomor Pokok Wajib Pajak) milik Perusahaan
  • SKA (Sertifikat Keahlian Kerja)/SKT (Sertifikat Keterampilan) yang telah di registrasi oleh lembaga yang berwenang dan di lengkapi surat pernyataan pengikatan diri tenaga ahli dan/atau tenaga terampil dengan Direktur Perusahaan
  • Surat Pernyataan Kebenaran Domisili (bermaterai Rp. 10.000,-)
  • Pas foto digital terbaru berwarna Direktur Utama ukuran 3 x 4
  • Melampirkan tanda bukti pembayaran pajak tahun terakhir (SPT Tahunan) untuk pengajuan perpanjangan
  • Surat pernyataan keabsahan dan kebenaran atas dokumen di sertai materai Rp. 10.000,-
  • Melampirkan gambar/peta/sketsa/denah bangunan dari lokasi/ruangan sekaligus melampirkan foto kantor

Estimasi Pembuatan SIUJK di Tahun 2021

Umumnya proses pengerjaan pembuatan SIUJK akan selesai dalam kurun waktu 14 hari kerja. Dengan catatan, semua persyaratan yang di butuhkan untuk pembuatan SIUJK telah terkumpul.

Nah! Sampai sini sudah cukup paham bukan dengan apa saja syarat yang harus Anda siapkan untuk pembuatan SIUJK?

Jika Anda mengalami kesulitan dalam mengurus pembuatan SIUJK, terlebih di masa pandemi ini Anda merasa khawatir saat keluar dari rumah, maka Anda bisa mempercayakan proses pembuatan SIUJK Anda pada JASAMURA!

JASAMURA merupakan konsultan perizinan dan pendirian usaha berpengalaman.

Dengan pelayanan yang LEBIH BAIK, waktu pengerjaan LEBIH CEPAT dan biaya yang LEBIH HEMAT, JASAMURA tentu dengan senang hati akan membantu Anda mengurus pembuatan SIUJK dalam waktu SINGKAT!

Langsung saja hubungi JASAMURA di nomor 0878-8466-3500. Gratis Konsultasi Sepuasnya, sekaligus Gratis Antar Jemput Berkas Dimana Saja!

Baca: Panduan Lengkap Pembuatan SIUP di Tahun 2021

HUBUNGI KAMI :
  • WhatsApp: 0878-8466-3500
  • Email: jasamura.mo@gmail.com
  • IG: @jasamurasurabaya.official

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *