SYARAT PENDIRIAN CV SIDOARJO

Urutan dan Syarat Pendirian CV Sidoarjo

Tentunya saat mendirikan CV ada beberapa prosedur yang harus dilewati. Mulai menentukan nama pendiri, nama san lokasi CV, kemudian adalah pembuatan akta pendirian sampai mendapatkan SK dari menkumham. Peraturan pendirian dan perijinan CV sudah diatur dalam Pasal 16-35 UU Hukum Perdata atau (KUHD). Dikarenakan PT dan CV berbeda, pastinya proses pendirian PT dan CV pun berbeda. Berikut adalah tahap-tahap untuk pendirian CV.

  • Menentukan Dua Pendiri CV
    Salah satu syarat untuk mendirikan CV adalah memiliki minimal dua orang pendiri. CV memiliki karakteristik khusus yang tidak dimiliki badan usaha lain, yaitu didirikan minimal oleh dua orang; (1) persero aktif yang nantinya bergelar direktur dan memiliki tanggung jawab yang tak terbatas, dan (2) persero komanditer atau persero diam yang memiliki tanggung jawab terbatas.

  • Membuat Akta Pendirian CV

    Setelah menentukan 2 pendiri CV, pemilik CV harus membuat akta pendirian CV. Untuk mengurus akta pendirian, dapat dilakukan di notaris. Beberapa hal yang harus disiapkan adalah nama, tempat usaha, tujuan didirakannya usaha, mulai berlakunya hingga pembentukan kas uang CV.

    Maka dari itu para pemilik CV harus sudah menyiapkan data-data tersebut agar perurusan usaha cepat terselesaikan. Untuk nama CV, pemilik harus menyediakan beberapa opsi nama agar jika ada yang sama, anda tidak perlu mempersiapkan lebih lama lagi.

  • Mengurus surat domisili perusahaan

    Dalam perjalanannya mengurus akta pendirian CV, pemilik CV juga harus mengurus surat domisili perusahaan yang mana berisi keterangan alamat dimana CV berada. Surat domisili perusahaan ini penting karena nantinya akan sebagai syarat untuk mengajukan dokumen perizinan CV anda seperti saat anda akan mengurus NPWP dan NIB perusahaan anda.

  • Mengurus NPWP

    Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya bahwa surat pengantar tersebut akan dibawa untuk mengurus hal yang lain termasuk NPWP. Para pengusaha diwajibkan untuk mengurus NPWP usahanya. Pengusaha perlu untuk mengajukan permohonan ke Kantor Pelayanan Pajak (KPP) sesuai dengan domisili perusahaan. Untuk mengurus NPWP anda wajib membawa SKDP, fotokopi KTP dan NPWP pendiri.

  • Mengurus Ijin Usaha

    Setelah itu pengusaha dapat mengurus izin usahanya. Izin usaha dari CV harus sesuai dengan bidang usaha yang dijalankan oleh CV. Untuk mendapatkan izin usaha, kita harus mengurus SIUP atau Surat Izin Usaha Perdagangan  yang dapat diurus di kantor Dinas Perdagangan setempat.

  • Mengurus Nomor Induk Berusaha

    Prosedur lain yang harus dilakukan untuk mendirikan CV adalah mengurus Nomor Induk Berusaha (NIB). Untuk membuat NIB, pemilik usaha perlu melakukan pendafttaran ke dinas Perdagangan wilaya kota/kabupaten domisili perusahaan. Hal-hal yang perlu disiapkan untuk pembuatan NIB tidak jauh berbeda dengan pembuatan SIUP.

Salah satu jasa pembuatan CV Surabaya adalah JASAMURA. JASAMURA sebagai salah satu perusahaan biro jasa yang berdomisili di Surabaya mempunyai tujuan untuk membantu dalam pengurusan UD, pengurusan  CV, pengurusan PT, pembuatan NIB, SIUP, SIUJK, PIRT, IMB, IUI dan SIPA di wilayah Surabaya dan sekitarnya.

JASAMURA sudah berpengalaman lebih dari 10 tahun dan menangani lebih dari 10.000 klien di seluruh Indonesia. JASAMURA selalu mengandalkan profesionalitas dan kepercayaan para klien.

Layanan JASAMURA meliputi:

  1. Pengurusan, pendirian, pembuatan PT
  2. Pengurusan, pendirian, pembuatan CV
  3. Pengurusan, pendirian, pembuatan UD
  4. Pengurusan, pendirian, pembuatan SIUJK
  5. Pengurusan, pendirian, pembuatan SIUJPT
  6. Pengurusan, pembuatan PKP
  7. Pengurusan, pembuatan Ijin Eksportir dan Importir

Untuk anda yang terlalu sibuk mengurus usaha tidak perlu bingung, kami akan datang langsung ke rumah anda untuk antar dan jemput berkas anda.

Untuk info dan order hubungi:

  • Whatsapp: 082245919961
  • Email: jasamura.mo@gmail.com
  • IG: @jasamurasurabaya.official
  • Blogspot: birojasamura.blogspot.com

Alamat Kantor:
Perum. Pondok Buana Blok B8, Bluru Kidul, Kab. Sidoarjo, Jawa Timur.

Jam Buka: 

  • Senin – Jumat: Pukul 08.30 – 16.30
  • Sabtu: 08.30 – 12.30
  • Hari Minggu dan Tanggal Merah Libur

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *