PENGUSAHA WAJIB PUNYA INI!

Apa yang dimaksud dengan Surat Izin Usaha? Pengusaha Wajib Punya Ini!

Apakah anda pengusaha baru? Atau baru memulai usaha? Beberapa hal ada yang harus anda perhatikan. Seperti riset pasar, mengembangkan inovasi untuk perusahaan dan ada lagi yang terpenting adalah surat izin usaha. Surat izin usaha ini adalah SIUP atau Surat Izin Usaha Perdagangan. SIUP dikeluarkan oleh Kantor Pelayanan Perizinan Terpadu di daerah usaha anda berdiri.

Sebelum anda mengurus SIUP anda harus mengerti bahwa Surat Izin Usaha Perdagangan atau SIUP terbagi menjadi tiga jenis, yaitu SIUP Makro, SIUP Kecil, SIUP Menengah dan Siup Besar. Apa perbedaan dari keempat jenis SIUP tersebut?

  1. SIUP Mikro, diperlukan untuk perusahaan yang memiliki modal awal dan kekayaan bersih dibawah 50 juta, modal ini diluar dari luas lahan dan bangunan usaha tersebut. Seperti namanya, SIUP Mikro adalah untuk pengusaha yang baru memulai usahanya.
  2. SIUP kecil dikeluarkan untuk pengusaha yang memiliki modal mulai 50 juta hingga 500 juta, diluar lahan dan bangunan usaha
  3. SIUP Menengah yaitu SIUP yang diberikan kepada perusahaan yang memiliki modal 500 Juta hingga 10 miliar di luar luas lahan dan bangunan perusahaan
  4. SIUP Besar, atau SIUP yang paling tinggi dikeluarkan untuk perusahaan yang memiliki modal berisi diatas 10 Miliar.

Setelah mengetahui jenis SIUP berdasarkan besar modal yang dimiliki oleh perusahaan, berikut adalah urutan untuk pengurusan SIUP yang bisa anda ikuti:

  1. Ambil Formulir Pendaftaran
    Langkah awal untuk mengurus SIUP pastinya adalah mengambil formulir pendaftaran yang harus anda isi. Anda bisa mengambilnya di Kantor Dinas Perdagangan atau Kantor Pelayanan Perizinan sesuai domisili usaha anda.
  2. Isi Formulir Pendaftaran
    Setelah mengambil formulir SIUP, selanjutnya adalah mengisi lengkap formulir tersebut. Untuk mengisi formulir, anda harus menyediakan materai 6.000. formulir SIUP ini harus ditandatangani oleh Pemilik/Direktur Utama perusahaan dan tidak bisa diwakilkan.
  3. Bayar Biaya Pembuatan
    Langkah selanjutnya adalah pembayaran formulir SIUP berdasarkan kategori perusahaan anda. Kategori tersebut sudah dijelaskan diatas apakah perusahaan anda termasuk SIUP mikro, kecil, menengah atau besar. Namun besarnya biaya SIUP in juga tergantung dari domisili perusahaan anda dimana anda membuat SIUP.
  4. Ambil SIUP yang sudah jadi
    SIUP perusahaan anda akan diproses selama kurang lebih 2 minggu dari waktu anda menyerahkan formulir SIUP. Jika SIUP anda sudah selesai, maka Kantor Dinas Perdagangan akan menghubungi anda dan SIUP sudah bisa digunakan.

Setelah mengetahui jenis dan cara membuat SIUP, anda mungkin akan langsung datang ke Kantor Perdagangan domisili usaha anda untuk mengurus SIUP perusahaan anda. Meskipun tahapan untuk membuat SIUP cukup mudah namun ketika anda terlalu sibuk, anda mungkin akan merasa kesulitan untuk mengurus perizinan usaha sendirian. Sehingga anda membutuhkan bantuan yaitu jasa perizinan usaha. Salah satu jasa perizinan usaha yang terpercaya adalah JASAMURA.

JASAMURA sudah berpengalaman lebih dari 10 tahun dan menangani lebih dari 10.000 klien di seluruh Indonesia. JASAMURA selalu mengandalkan profesionalitas dan kepercayaan para klien.

Layanan JASAMURA meliputi:

  1. Pengurusan, pendirian, pembuatan PT
  2. Pengurusan, pendirian, pembuatan CV
  3. Pengurusan, pendirian, pembuatan UD
  4. Pengurusan, pendirian, pembuatan SIUJK
  5. Pengurusan, pendirian, pembuatan SIUJPT
  6. Pengurusan, pembuatan PKP
  7. Pengurusan, pembuatan Ijin Eksportir dan Importir

Untuk anda yang terlalu sibuk mengurus usaha tidak perlu bingung, kami akan datang langsung ke rumah anda untuk antar dan jemput berkas anda.

Untuk info dan order hubungi:

  • Whatsapp: 082245919961
  • Email: jasamura.mo@gmail.com
  • IG: @jasamurasurabaya.official
  • Blogspot: birojasamura.blogspot.com

Alamat Kantor:

  • Surabaya: Ruko Mezzanine A20, Jln. Nginden Semolo 38-40, Kota Surabaya, Jawa Timur
  • Sidoarjo: Perum. Pondok Buana Blok B8, Bluru Kidul, Kab. Sidoarjo, Jawa Timur. 

Jam Buka: 

  • Senin – Jumat: Pukul 08.30 – 16.30
  • Sabtu: 08.30 – 12.30
  • Hari Minggu dan Tanggal Merah Libur

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *